Rate Thread
Share Post: Digg Delicious Reddit Facebook Twitter StumbleUpon
Threaded Mode | Linear Mode
[Tanya] Cara Mengatur Resources Agar Ukuran Executable Kecil
31-05-2018, 11:39 PM, (This post was last modified: 31-05-2018, 11:40 PM by Fransisco.)
Post: #1
Cara Mengatur Resources Agar Ukuran Executable Kecil
Halo lagi!
Kebiasaan nih kalo post di sini kebanyakan nanya mulu daripada kasih tips, hehe.

Kali ini saya mau tanya tentang mengatur "Bahan-Bahan" Material di Proyek Game. Sebenernya sih saya sudah ada buat rencananya, tapi barangkali jika rencana saya salah atau mungkin kalian punya cara yang lebih mudah, boleh dibagikan ke sini.

Cara saya sih untuk membuat ukuran executablenya kecil, di file proyeknya (.gmk atau .gmz) tidak ada resources sprite, background/tiles, dan sound. Jadi saat game start atau room start, saya akan pakai sprite_add, background_add, dll, untuk memuat filenya. Apa cara itu benar?

Saya juga ada sedikit pertanyaan untuk sprite_add, jika gambar kita beranimasi, apakah Game Maker akan langsung tau ukuran tiap strip spritenya? Jadi misalnya ukuran 1 strip itu 64x96 dan ada 6 potongan animasi, kan ukuran kanvas filenya jadi 64x6 = 384. Jadi apakah Game Maker akan tau kalau 1 strip gambar tersebut 64x96 jika membaca ukuran kanvasnya itu 384x96? Karena saya lihat gak ada argument untuk itu.

Saya bertanya tentang hal ini karena saya berniat untuk membuat game yang ada updatenya. Kan parah kalau tiap update, file executablenya semakin membesar.

Terimakasih
Reply
25-06-2018, 12:06 PM,
Post: #2
RE: Cara Mengatur Resources Agar Ukuran Executable Kecil
Pake function *_add nggak masalah kok, biar gampang juga buat update game (terutama resources nya).
Untuk sprite strip ada formatnya sendiri, nama file harus mengandung kata "_stripXX" dimana XX itu angka / jumlah gambar pada strip tsb. Misal: sChar_strip3.png > artinya ada 3 potong gambar pada file strip tsb.
SignatureStar Kepada semua member, harap baca You are not allowed to view links. Register or Login to view. Star
Reply
07-07-2018, 06:01 AM,
Post: #3
RE: Cara Mengatur Resources Agar Ukuran Executable Kecil
Thankyou Vin, responnya

*_add itu mksudnya sprite_add dan kawan-kawannya kan? Dah saya coba kok Vin, emank jadi kecil ukuran.exe nya. Bahkan proyek filenya juga kecil, cuma jadi rada bingung ja kalo mau kasih nama sprite ke objek. Kadang suka lupa isi spritenya apa aja.

Oh iya, mau tanya nih kalo soal "Tiles", kalo misalnya saya add_tiles ke room itu gimana ya? Harus satu-satu ditulis di Code editornya? Soalnya kan room ma objek gk bisa disave.
Saya juga mau tau sih tentang nambahin objek dari folder, tapi saya baca di help file nya ribet juga ternyata. Harus masukin Event, isi actionnya dari ketikan kode. Hadeeehhh...
SignaturePeaceful ~ BIKIN GAME LEBIH ASYIK DARI PADA BERMAIN GAME ~ Peaceful
Reply