Rate Thread
Share Post: Digg Delicious Reddit Facebook Twitter StumbleUpon
Threaded Mode | Linear Mode
[Discuss] AI Untuk Game Platform
03-04-2018, 09:32 PM, (This post was last modified: 10-05-2018, 06:00 PM by Pseudo Rax.)
Post: #1
Comment  AI Untuk Game Platform
Hai, udah lama nggak post Teethy Apa kabar semuanya?

Pada kesempatan kali ini, saya mau nge-post mengenai game AI (Artificial Intelligence) atau Kecerdasan Buatan, khusus untuk game Platform.

Btw ini adalah contoh penerapan dari algoritma kecerdasan buatan, dalam format HTML5
You are not allowed to view links. Register or Login to view.

Saya pakai algoritma yg namanya "Image Recognition of The Level", atau bahasa gampangnya itu algoritma agar AI bisa mengenali jalan/medan yg ada di depannya, apakah ada lobang / tembok atau tidak? Kalo ada lobang, nyampe nggak keseberang? kalo iya si AI akan lompat keseberang. Kalo tidak, ada 2 kemungkinan :
Spoiler: old method
1. 60% si AI akan putar balik, dgn syarat dlm waktu singkat si AI blm putar balik. Tujuannya agar si AI nggak putar balik mulu pas di medan kecil/sempit.
2. 40% nya terbagi jadi 2 lagi:
>>> 1. 80% AI akan melompat ke depan, apapun rintangannya.
>>> 2. 20% AI masa bodo, jalan aja terus kedepan/
Oke, yg nomor 2 intinya si AI nggak muter balik, cma style nya aja yg beda, melompat atau nggak.

Untuk saat ini AI hanya bisa mengenali lobang, dan tembok (saat berjalan mentok). Dan yg pasti algoritma akan terus saya kembangkan. Pokoknya si AI nanti akan dibuat secerdas mungkin Teethy Dan kalo udah beres, akan saya share code nya.

Oh iya, ada saran untuk algoritma AI diatas?

===UPDATE===
10/05/2018
Penerapan algoritma IRotL & LoS, yang artinya musuh udah bisa mengetahui kalo di dekatnya ada lobang / tembok. dan musuh juga bisa melihat hero/char. Beda dengan metode yg lama.
Untuk memudahkan, saya coba belajar Finite State Machine (silakan googling, ad yg versi GM juga). Dan musuh punya beberapa state: idle, alert, walk, run, jump, attack, die.
Kalau jumlah musuh lebih dari 1 di dalam room, musuh bisa saling menghindar alias nggak timpah tindih, namun hal ini sering menyebabkan musuh jadi stuck. Kalo stuck ny nggak parah, musuh bisa melepaskan diri dari stuck nya.

Control:
ASWD atau tombol panah untuk menggerakan hero/char.
X untuk tembak, C untuk attack
Z untuk buat musuh melompat (cuma untuk ngetes musuh nya aja, nanti akan dihapus)

Oke, sampai saat ini mungkin kecerdasan dari musuh nya udah lumayan ya Whatt Tapi mohon bantuan saran dan kritik nya juga.
Reply
07-04-2018, 10:41 PM,
Post: #2
RE: AI Untuk Game Platform
Saya sih kurang suka bikin game yang Platform, ngomong-ngomong Platform itu kyk Game Mario kan?

Tapi yang terakhir kali saya bikin AI genre platform sih untuk movement saya pake objek macem kyk sensor gitu, objeknya di non-visible dan untuk mendeteksi keberadaan musuh saya biasa pakai koordinat x atau y si Player. Kadang juga pakai "distance" sih.

By the way boleh request AI untuk game Maze atau Topdown?? Saya rasa AI punya saya masih payah untuk mendeteksi keberadaan musuh.
SignaturePeaceful ~ BIKIN GAME LEBIH ASYIK DARI PADA BERMAIN GAME ~ Peaceful
Reply
09-04-2018, 07:21 PM,
Post: #3
RE: AI Untuk Game Platform
(07-04-2018, 10:41 PM)Fransisco Wrote: You are not allowed to view links. Register or Login to view.Saya sih kurang suka bikin game yang Platform, ngomong-ngomong Platform itu kyk Game Mario kan?

Tapi yang terakhir kali saya bikin AI genre platform sih untuk movement saya pake objek macem kyk sensor gitu, objeknya di non-visible dan untuk mendeteksi keberadaan musuh saya biasa pakai koordinat x atau y si Player. Kadang juga pakai "distance" sih.

By the way boleh request AI untuk game Maze atau Topdown?? Saya rasa AI punya saya masih payah untuk mendeteksi keberadaan musuh.

Iya kyk game Mario Bros.
Ini untuk skripsi saya. Krna topik ny Kecerdasan Buatan, maka fokus game nya nanti ke AI nya, harus dibuat secerdas mungkin.

Untuk game topdown, coba cek kesini, You are not allowed to view links. Register or Login to view.
Itu salah satu AI juga. Aku dh coba buat, tpi blm kelar XD
Untuk AI lain, mngkin bisa dijelasin mau nya yg gimana?
Reply
09-04-2018, 09:25 PM, (This post was last modified: 09-04-2018, 09:30 PM by Fransisco.)
Post: #4
RE: AI Untuk Game Platform
Itu yg merah-merah macem kyk sensor ya?
Boleh kan ya nanya di sini? Atau bikin thread baru aja?

Soal AI yang saya mau sih coba lihat di gambar
Spoiler: Gambar
[Image: KtzSX5AyLsZNJ6Sk-P-V11xY_4pbjG8KdRBR_zjv...24-h768-no]
Kalo karakter saya berdiri di dekat situ ataupun di daerah yang temboknya berhuruf "L" "T" "+". Pasti musuhnya bakalan bolak-balik doank kyk panah putih. Saya maunya jika musuh bisa ignore karena gk ada path atau jalur untuk mendekati player jauh, kalau enggak musuhnya bisa jalan seperti panah merah jika dekat dengan player. Karena nantinya saya pengen ada musuh yang bisa menyerang jarak jauh nanti. Kan ribet kalo musuh malah nyerang player terus tapi pelurunya kena tembok.

Untuk lebih jelasnya mampir ke thread You are not allowed to view links. Register or Login to view. ja Vin. Biar tau yang saya maksud kayak gimana. Sudah saya siapkan .exe-nya.
Reply
10-04-2018, 07:40 PM, (This post was last modified: 10-04-2018, 07:41 PM by Pseudo Rax.)
Post: #5
RE: AI Untuk Game Platform
Yang merah2 itu garis, terus di fill inline nya. Jadilah seperti bentuk / shape acak.

Kalo untuk itu sih pake algoritma pathfinding. Salah satunya algoritma A* (AStar).
Silakan cek attachment dibawah untuk GMK nya.

Tapi aku sendiri sih baru tau cara kerjanya, belum bisa bikinnya. GMK dibawah bkn pnya saya. Credit to the owner.

--Edit:
Oh iya, kalo mau lebih jelas, bisa bikin thread baru Happy


Attached Files
.gmk   aStar_pathfinding_v1_4.gmk (Size: 49.39 KB / Downloads: 1)
Reply
10-05-2018, 06:00 PM,
Post: #6
RE: AI Untuk Game Platform
Update 10/05/2018.
Cek post pertama.
Reply
14-05-2018, 03:06 PM,
Post: #7
RE: AI Untuk Game Platform
Control gerak karakternya pake Panah, Vin..
Nembak Attack kagak bisa, pencet Z bikin musuh loncat juga gk bisa

[Image: Yd4LTK37DifQd-CE8MJcK67SyAcCOV_j2Ldcv6N4...26-h643-no]

Musuhnya kagak nyerang Vin pas karakternya di posisi kyk gambar di atas. Tapi udah ok kok.

Kalo saran sih, temen musuhnya mendingan bisa nyerang dari arah samping karakternya lagi atau timpa aja (atau ngapain kek) daripada diem aja kyk ngantri sembako, hahaha.

Kalo ide, bikin musuh jadi waspada (kyk balik ke belakang) kalo karakter turun dari pijakan tebing yg tinggi dan kalo kyk karakter nginjek keripik kentang (lah keripik kentang? gelas kaca) musuh juga jadi waspada (Tapi lebih ke mencari arah suaranya).

Mudah-mudahan tulisan saya dimengerti karena bahasanya kyknya belepotan nih.

Oh iya Vin.. itu yg bulet-bulet kecil di musuh apaan?
Reply