Rate Thread
Share Post: Digg Delicious Reddit Facebook Twitter StumbleUpon
Threaded Mode | Linear Mode
[Discuss] AI Untuk Game Platform
03-04-2018, 09:32 PM, (This post was last modified: 25-06-2018, 12:45 PM by PseudoRax.)
Post: #1
Comment  AI Untuk Game Platform
Hai, udah lama nggak post Teethy Apa kabar semuanya?

Pada kesempatan kali ini, saya mau nge-post mengenai game AI (Artificial Intelligence) atau Kecerdasan Buatan, khusus untuk game Platform.

Btw ini adalah contoh penerapan dari algoritma kecerdasan buatan, dalam format HTML5
You are not allowed to view links. Register or Login to view.

Saya pakai algoritma yg namanya "Image Recognition of The Level", atau bahasa gampangnya itu algoritma agar AI bisa mengenali jalan/medan yg ada di depannya, apakah ada lobang / tembok atau tidak? Kalo ada lobang, nyampe nggak keseberang? kalo iya si AI akan lompat keseberang. Kalo tidak, ada 2 kemungkinan :
Spoiler: old method
1. 60% si AI akan putar balik, dgn syarat dlm waktu singkat si AI blm putar balik. Tujuannya agar si AI nggak putar balik mulu pas di medan kecil/sempit.
2. 40% nya terbagi jadi 2 lagi:
>>> 1. 80% AI akan melompat ke depan, apapun rintangannya.
>>> 2. 20% AI masa bodo, jalan aja terus kedepan/
Oke, yg nomor 2 intinya si AI nggak muter balik, cma style nya aja yg beda, melompat atau nggak.

Untuk saat ini AI hanya bisa mengenali lobang dan tembok (saat berjalan mentok). Dan yg pasti algoritma akan terus saya kembangkan. Pokoknya si AI nanti akan dibuat secerdas mungkin Teethy Dan kalo udah beres, akan saya share code nya.

Oh iya, ada saran untuk algoritma AI diatas?

===UPDATE===
25/06/2018
Final - Algoritma & gameplay sudah selesai. Cuma stage nya aja yg masih ada 3 stage.
Kira2 seperti inilah Activity Diagram dari algoritma yg saya terapkan.

[Image: Line_of_Sight.png]
[Image: Image_Recognition.png]

10/05/2018
Penerapan algoritma IRotL & LoS, yang artinya musuh udah bisa mengetahui kalo di dekatnya ada lobang / tembok. dan musuh juga bisa melihat hero/char. Beda dengan metode yg lama.
Untuk memudahkan, saya coba belajar Finite State Machine (silakan googling, ad yg versi GM juga). Dan musuh punya beberapa state: idle, alert, walk, run, jump, attack, die.
Kalau jumlah musuh lebih dari 1 di dalam room, musuh bisa saling menghindar alias nggak tumpang tindih, namun hal ini sering menyebabkan musuh jadi stuck. Kalo stuck ny nggak parah, musuh bisa melepaskan diri dari stuck nya.

Control:
ASWD atau tombol panah untuk menggerakan hero/char.
X untuk tembak, C untuk attack
Reply
07-04-2018, 10:41 PM,
Post: #2
RE: AI Untuk Game Platform
Saya sih kurang suka bikin game yang Platform, ngomong-ngomong Platform itu kyk Game Mario kan?

Tapi yang terakhir kali saya bikin AI genre platform sih untuk movement saya pake objek macem kyk sensor gitu, objeknya di non-visible dan untuk mendeteksi keberadaan musuh saya biasa pakai koordinat x atau y si Player. Kadang juga pakai "distance" sih.

By the way boleh request AI untuk game Maze atau Topdown?? Saya rasa AI punya saya masih payah untuk mendeteksi keberadaan musuh.
SignaturePeaceful ~ BIKIN GAME LEBIH ASYIK DARI PADA BERMAIN GAME ~ Peaceful
Reply
09-04-2018, 07:21 PM,
Post: #3
RE: AI Untuk Game Platform
(07-04-2018, 10:41 PM)Fransisco Wrote: You are not allowed to view links. Register or Login to view.Saya sih kurang suka bikin game yang Platform, ngomong-ngomong Platform itu kyk Game Mario kan?

Tapi yang terakhir kali saya bikin AI genre platform sih untuk movement saya pake objek macem kyk sensor gitu, objeknya di non-visible dan untuk mendeteksi keberadaan musuh saya biasa pakai koordinat x atau y si Player. Kadang juga pakai "distance" sih.

By the way boleh request AI untuk game Maze atau Topdown?? Saya rasa AI punya saya masih payah untuk mendeteksi keberadaan musuh.

Iya kyk game Mario Bros.
Ini untuk skripsi saya. Krna topik ny Kecerdasan Buatan, maka fokus game nya nanti ke AI nya, harus dibuat secerdas mungkin.

Untuk game topdown, coba cek kesini, You are not allowed to view links. Register or Login to view.
Itu salah satu AI juga. Aku dh coba buat, tpi blm kelar XD
Untuk AI lain, mngkin bisa dijelasin mau nya yg gimana?
Reply
09-04-2018, 09:25 PM, (This post was last modified: 09-04-2018, 09:30 PM by Fransisco.)
Post: #4
RE: AI Untuk Game Platform
Itu yg merah-merah macem kyk sensor ya?
Boleh kan ya nanya di sini? Atau bikin thread baru aja?

Soal AI yang saya mau sih coba lihat di gambar
Spoiler: Gambar
[Image: KtzSX5AyLsZNJ6Sk-P-V11xY_4pbjG8KdRBR_zjv...24-h768-no]
Kalo karakter saya berdiri di dekat situ ataupun di daerah yang temboknya berhuruf "L" "T" "+". Pasti musuhnya bakalan bolak-balik doank kyk panah putih. Saya maunya jika musuh bisa ignore karena gk ada path atau jalur untuk mendekati player jauh, kalau enggak musuhnya bisa jalan seperti panah merah jika dekat dengan player. Karena nantinya saya pengen ada musuh yang bisa menyerang jarak jauh nanti. Kan ribet kalo musuh malah nyerang player terus tapi pelurunya kena tembok.

Untuk lebih jelasnya mampir ke thread You are not allowed to view links. Register or Login to view. ja Vin. Biar tau yang saya maksud kayak gimana. Sudah saya siapkan .exe-nya.
Reply
10-04-2018, 07:40 PM, (This post was last modified: 10-04-2018, 07:41 PM by PseudoRax.)
Post: #5
RE: AI Untuk Game Platform
Yang merah2 itu garis, terus di fill inline nya. Jadilah seperti bentuk / shape acak.

Kalo untuk itu sih pake algoritma pathfinding. Salah satunya algoritma A* (AStar).
Silakan cek attachment dibawah untuk GMK nya.

Tapi aku sendiri sih baru tau cara kerjanya, belum bisa bikinnya. GMK dibawah bkn pnya saya. Credit to the owner.

--Edit:
Oh iya, kalo mau lebih jelas, bisa bikin thread baru Happy


Attached Files
.gmk   aStar_pathfinding_v1_4.gmk (Size: 49.39 KB / Downloads: 1)
Reply
10-05-2018, 06:00 PM,
Post: #6
RE: AI Untuk Game Platform
Update 10/05/2018.
Cek post pertama.
Reply
14-05-2018, 03:06 PM,
Post: #7
RE: AI Untuk Game Platform
Control gerak karakternya pake Panah, Vin..
Nembak Attack kagak bisa, pencet Z bikin musuh loncat juga gk bisa

[Image: Yd4LTK37DifQd-CE8MJcK67SyAcCOV_j2Ldcv6N4...26-h643-no]

Musuhnya kagak nyerang Vin pas karakternya di posisi kyk gambar di atas. Tapi udah ok kok.

Kalo saran sih, temen musuhnya mendingan bisa nyerang dari arah samping karakternya lagi atau timpa aja (atau ngapain kek) daripada diem aja kyk ngantri sembako, hahaha.

Kalo ide, bikin musuh jadi waspada (kyk balik ke belakang) kalo karakter turun dari pijakan tebing yg tinggi dan kalo kyk karakter nginjek keripik kentang (lah keripik kentang? gelas kaca) musuh juga jadi waspada (Tapi lebih ke mencari arah suaranya).

Mudah-mudahan tulisan saya dimengerti karena bahasanya kyknya belepotan nih.

Oh iya Vin.. itu yg bulet-bulet kecil di musuh apaan?
Reply
25-06-2018, 12:33 PM,
Post: #8
RE: AI Untuk Game Platform
Thanks udah dicoba & juga saran nya Teethy
Ini game nya sdh aku update lagi >> You are not allowed to view links. Register or Login to view.
walau bug tsb masih ada Laughing

Untuk saran nya di mengerti kok, dan di tampung dulu, kalo skripsi nya udah kelar + ada niat buat lanjutin baru di implementasi saran nya.

Yang buletan itu cuma visualiasi aja untuk letak collision check nya, buat mengetaui kalo di posisi tsb harus memeriksa tembok/objeck & lobang Happy
SignatureStar Kepada semua member, harap baca You are not allowed to view links. Register or Login to view. Star
Reply
07-07-2018, 06:08 AM,
Post: #9
RE: AI Untuk Game Platform
Wah.. Kalo da internet di komputer lngsung dicoba nih. Kalo dah ada bakal di test lagi deh. Walaupun entah kapan ada lagi. Ini ja login ke sini minjem internetnya, haha. Jadi bales responnya lama.
SignaturePeaceful ~ BIKIN GAME LEBIH ASYIK DARI PADA BERMAIN GAME ~ Peaceful
Reply
16-07-2018, 02:42 AM,
Post: #10
RE: AI Untuk Game Platform
Halo, Vin..
Udah coba nih AI-nya, saya udah coba sih AI yg mudah & sulit (medium belum, hahaha) beberapa level. Saya liat perbandingannya cuma damage sama vision musuhnya ya?
Nyerah dah buat level 3 di mode sulit, hahaha

Oh iya pas maen, saya ada nemu cara sih buat kalahin musuh yang setidaknya ada kemungkinan buat Player gk kena serangan musuh. Mungkin mau diperbaiki AI-nya, cara kalahinnya di screenshot bawah ini.
Spoiler: Screenshot
[Image: q8F7XpMS-JK6baRvPej4Q4AXBFc5VSe2p8qdL8bJ...00-h451-no]
Oh iya 1 lagi, pas saya pencet 'Q' buat liat debugnya. Tampilan layarnya jadi kyk agak rusak gitu di bagian HP Bar Player.
Reply