Game Maker Indonesia

Full Version: Cara Mengatur Resources Agar Ukuran Executable Kecil
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Halo lagi!
Kebiasaan nih kalo post di sini kebanyakan nanya mulu daripada kasih tips, hehe.

Kali ini saya mau tanya tentang mengatur "Bahan-Bahan" Material di Proyek Game. Sebenernya sih saya sudah ada buat rencananya, tapi barangkali jika rencana saya salah atau mungkin kalian punya cara yang lebih mudah, boleh dibagikan ke sini.

Cara saya sih untuk membuat ukuran executablenya kecil, di file proyeknya (.gmk atau .gmz) tidak ada resources sprite, background/tiles, dan sound. Jadi saat game start atau room start, saya akan pakai sprite_add, background_add, dll, untuk memuat filenya. Apa cara itu benar?

Saya juga ada sedikit pertanyaan untuk sprite_add, jika gambar kita beranimasi, apakah Game Maker akan langsung tau ukuran tiap strip spritenya? Jadi misalnya ukuran 1 strip itu 64x96 dan ada 6 potongan animasi, kan ukuran kanvas filenya jadi 64x6 = 384. Jadi apakah Game Maker akan tau kalau 1 strip gambar tersebut 64x96 jika membaca ukuran kanvasnya itu 384x96? Karena saya lihat gak ada argument untuk itu.

Saya bertanya tentang hal ini karena saya berniat untuk membuat game yang ada updatenya. Kan parah kalau tiap update, file executablenya semakin membesar.

Terimakasih