Game Maker Indonesia

Full Version: Statement GML dan Arrays
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Sebelum saya bertanya tentang Arrays, saya mendengar kata "Arrays" ketika ingin belajar membuat inventory. Saya pikir buat inventory itu gampang, tapi ya ternyata pusing sendiri. Saya sudah baca tentang Arrays di "Help", tapi masih belum paham (mungkin karena inggris saya gk bagus). Saya cuma paham kalo Arrays itu ada 1-dimensional dan 2-dimensional, tapi saya gk paham apa bedanya dari dimensional tersebut. Jadi kalau boleh saya minta penjelasan tentang tersebut secara detail, boleh dari penjelasan di link tetangga ataupun dari kalian sendiri. Ada file .gmk-nya juga lebih mendukung, karena saya jadi tau jika Arrays dibuat untuk misalnya inventory, dll.

1.) For
Statement ini saya ngerti cara pembacaan scriptnya tapi masih belum tau buat apa statement ini dalam pembuatan game.

2.) Break dan Exit
Statement ini fungsinya untuk menghentikan script kan ya?
Tapi bedanya Break seperti Pause
dan Exit seperti Stop.
Apakah itu benar?

3.) Continue
Apakah fungsi statement ini untuk melanjutkan script yang terkena "Break"?
Saya ingin tau bagaimana cara penggunaanya di script.

Kira-kira itulah pertanyaan saya, mohon maaf kalo berlebihan dan maaf kalo tidak mengerti apa yang saya tanyakan. Karena saya juga bingung mau pakai kata-kata apa biar yang ingin menjawab bisa mengerti apa yang saya tanyakan.

Terimakasih
array dimension 1 itu gak susah bro dan inventory itu awalnya memang susah tapi kalo dah paham itu gak sesulit yg kita kira. di youtube ada inventory sederhana (mudah dipahami dan simpel)
misal:
inventory[0]="dagger";
inventory[1]="book";
dimensi 2:
inventory[0,1]="dagger";
inventory[0,2]="book";
keuntungan dari menggunkan array adalah ringan! kalo pake ds_grid(inventory bisa banyak dan mudah organisir) dan semacamnya harus dihapus tiap tidak dipakai.

jadi variabel inventory menyimpan 2 string dager dan book, kalo mao dipanggil bisa pake for
untuk "break;" biasanya dipake untuk looping > agar segera berhenti ketika statement/perintah yg kita inginkan telah terpenuhi(menghindari memory leak) (mencari nomor 15 dari 100 angka)

*continue> loop
*exit > exit loop
seperti break =continue dan exit bisa di test sendiri dengan code biar lebih ngerti

mungkin ada yg ingin menambahkan atau mengoreksi soalnya saya nulis langsung aja
thx Happy
Ngomong-ngomong saya masih pake Game Maker 8.

Ya kalo kita dah tau caranya sih pasti gampang. Justru karena saya gk tau fungsi array, jadi bingung juga bikinnya. Kalo cari di youtube ketemunya tutorial Game Maker Studio kebanyakan, sekalinya ketemu Game Maker 8 malah tidak sesuai dengan yang saya mau. Tapi saya download ja deh videonya buat referensi.

Ok, soal penulisan dimensi array saya dah paham dari penjelasan ente.
Saya juga berpikir sih kyknya pake Data Structure lebih gampang, tapi di Help file nya ditulis kalo Data Structure gak akan kesimpan saat melakukan save file, harus membuat save sendiri. Jadi sebenarnya bikin inventory itu lebih enakan pakai Data Structure atau Array ya?

Ngomong-ngomong saya sudah selesai sih bikin inventory, tapi masih belum seperti yang saya harapkan. Saya tuh ingin inventory seperti di game Ghost Online atau yang sekarang masih aktif yaitu Soul Saver Online. Jadi setiap barang masuk ke slot inventory masing-masing. Untuk lebih jelasnya boleh download di attachment biar bayangan apa yang saya inginkan jadi lebih jelas.
Jadi misalnya obat-obatan disimpan ke slot 1, barang senjata dan armour disimpan ke slot 2, barang-barang Misc disimpan ke slot 3. Saya juga ingin membuat jika di slot 1 saya punya 6 obat dan di kotak ke 5 saya drop obatnya ke tanah maka obat yang di kotak ke 6 gak akan ke kotak 5, dan obat yang saya jatuhkan lagi jika diambil maka akan di taruh di kotak kosong yang terdekat. Saya juga pengen sih memindah-mindahkan items ke kotak mana saja. Saya sih cuma pakai script global vaiabel sama While untuk membuat inventory.
*Sorry kalo kesan-nya lebih minta pengen dibuatin inventory, tapi sebenernya saya ingin menyampaikan untuk membuat hal seperti itu harus bagaimana dalam menggunakan Array.

*Control Inventory
1.) Buka inventory dan menutup inventory tekan "2" atau klik icon slot gambar obat (letaknya ada di atas icon slot skill Z)
2.) Mengambil items tekan "Ctrl"
3.) Tekan "Space" untuk membatalkan edit slot obat dan slot skill dan menutup inventory
*Saat Inventory dibuka
1.) Klik tulisan "Slot 1" untuk membuka slot obat-obatan, klik tulisan "Slot 2" untuk senjata dan armour, klik tulisan "Slot 3" untuk barang Misc
2.) Klik kiri items untuk memakai items
3.) Klik kanan items untuk drop items
*Saat di play pasti ada error, klik "Ignore" saja. Errornya tidak masalah kok.

Saya pernah tulis break saat menggunakan Statement WHILE, tapi statement Whilenya gk berhenti malah bikin aplikasinya nge-Hang (Not Responding). Mungkin penulisan saya salah di script.