Game Maker Indonesia

Full Version: membuat background musik yang berbeda di tiap room
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
halo gan, mau nanya lagi.

kalo mau naro kode gml untuk musik enaknya di event create atau event step ya?

jadi, rencananya mau bikin music background di masing-masing room. misalnya, room buat main menu, room buat pas game jalan, pas menang dan pas kalah.
(27-06-2016, 11:26 PM)pecandu_teh Wrote: You are not allowed to view links. Register or Login to view.halo gan, mau nanya lagi.

kalo mau naro kode gml untuk musik enaknya di event create atau event step ya?

jadi, rencananya mau bikin music background di masing-masing room. misalnya, room buat main menu, room buat pas game jalan, pas menang dan pas kalah.

gak jadi, akhirnya nemu caranya. jadi, di tiap room taro audio_play_sound di event create jika ingin masang background music dan pasang audio_stop_sound buat stop musik dari room sebelumnya. anjir, tricky banget ternyata. Teethy Teethy Teethy Teethy Teethy




(bingung mau ngapus tritnya)
Gaperlu dihapus, jadi user lain yang bingung bisa baca dan tau caranya. Teethy

Btw ada cara lain yang lebih enak dan mudah buat ngatur sound tiap room.

> Kamu bikin object "obj_control_music", taruh di room paling awal.
> Centang "Persistent"
> Lalu kamu tulis ini di event other - Room Start.

GameMaker Code
//untuk sound di room menu
if (room==room_menu)
 {
 audio_stop_all();
 audio_play_sound(sound_untuk_menu,0,true);
 }

//untuk sound di room play
else if (room==room_play)
 {
 audio_stop_all();
 audio_play_sound(sound_untuk_play,0,true);
 }

//else .. . begitulah seterusnya. Lanjutin aja.


Kalo pake cara ini kamu gaperlu capek capek buat object untuk tiap room. Tinggal bikin satu dan walaaa done! Peaceful

(28-06-2016, 01:16 AM)meliaz99 Wrote: You are not allowed to view links. Register or Login to view.Gaperlu dihapus, jadi user lain yang bingung bisa baca dan tau caranya. Teethy

Btw ada cara lain yang lebih enak dan mudah buat ngatur sound tiap room.

> Kamu bikin object "obj_control_music", taruh di room paling awal.
> Centang "Persistent"
> Lalu kamu tulis ini di event other - Room Start.

GameMaker Code
//untuk sound di room menu
if (room==room_menu)
 {
 audio_stop_all();
 audio_play_sound(sound_untuk_menu,0,true);
 }

//untuk sound di room play
else if (room==room_play)
 {
 audio_stop_all();
 audio_play_sound(sound_untuk_play,0,true);
 }

//else .. . begitulah seterusnya. Lanjutin aja.


Kalo pake cara ini kamu gaperlu capek capek buat object untuk tiap room. Tinggal bikin satu dan walaaa done! Peaceful


sebentar, codingan ini bakal pengaruh ke sound yang lain gak? disini saya pake beberapa sound untuk pindah kursor, nembak, ledakan, dll.
Kagak..
Kalo mau ada 2 suara ya tinggal tambahin aja dibawahnya "audio_play_sound(sound_untuk_play,0,true)"

Itu kan taruhnya di Event Room Start, Jadi cuma berjalan pas setiap "membuka pintu" room.. Hampir mirip kayak Create Event lah, tapi kalo Create Event akan berjalan saat objek itu baru dibuat di room
Yap bener.
Gak ganggu sound lain kok. Tinggal tulis, taruh di room pertama, selesai. Ga ada ribet-ribet atur sound lagi.

"Persistent" berarti object itu ga akan kehapus setelah pindah ke room lain. Jadi setelah ditaruh di room pertama, tiap ganti room object ini bakal ngecek audio apa yang harus dimainin. Dan ga akan ngeganggu audio-audio lainnya.
udah dicoba. dan tetep gak bisa. malah, sound dari room awal malah tembus ke room yang lain. Tapi, gak masalah sih. masih ada cara lama juga. Wink-very Wink-very Wink-very
(28-06-2016, 09:59 PM)meliaz99 Wrote: You are not allowed to view links. Register or Login to view.Yap bener.
Gak ganggu sound lain kok. Tinggal tulis, taruh di room pertama, selesai. Ga ada ribet-ribet atur sound lagi.

"Persistent" berarti object itu ga akan kehapus setelah pindah ke room lain. Jadi setelah ditaruh di room pertama, tiap ganti room object ini bakal ngecek audio apa yang harus dimainin. Dan ga akan ngeganggu audio-audio lainnya.

Ternyata fungsi "Persistent" itu ya? Saya gk tau itu buat apaan, kagak baca tutorialnya sih..
Berarti kalo pake persistent cocok ya buat bikin "Option Volume Background Music", jadinya volume musiknya udah ke atur karena kagak akan dihapus walaupun udah pindah room.
(28-06-2016, 11:05 PM)pecandu_teh Wrote: You are not allowed to view links. Register or Login to view.udah dicoba. dan tetep gak bisa. malah, sound dari room awal malah tembus ke room yang lain. Tapi, gak masalah sih. masih ada cara lama juga. Wink-very Wink-very Wink-very

Hm.. Kamu lupa tulis audio_stop_all(); kah? Teethy

(29-06-2016, 09:39 AM)Fransisco Wrote: You are not allowed to view links. Register or Login to view.Ternyata fungsi "Persistent" itu ya? Saya gk tau itu buat apaan, kagak baca tutorialnya sih..
Berarti kalo pake persistent cocok ya buat bikin "Option Volume Background Music", jadinya volume musiknya udah ke atur karena kagak akan dihapus walaupun udah pindah room.

Ya begitulah. Happy
wogh, meliaz comes back :O *telat datang*

gini aja, bikin obj_controlMenu di room_menu, event Room start:
audio_stop_all();
audio_play_sound(sound_untuk_menu,0,true);

trus bikin object button di room_menu buat start game, di event saat klik:
audio_stop_all();
audio_play_sound(sound_untuk_play,0,true);
room_goto(room_play);

ga perlu object persistent disini sih Whatt